Senin, 31 Juli 2023

Penjelasan sel

 

1. Struktur Sel Prokariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran nukleus atau membran inti. Sehingga materi genetik berupa DNA pada sel ini tidak dibungkus membran inti.
Secara struktural, sel prokariotik lebih sederhana karena hanya ditemukan pada organisme bersel satu dan berkoloni, seperti bakteri dan archaea.
Sel prokariotik terdiri atas DNA, sitoplasma, dan suatu struktur permukaan termasuk membran plasma dan komponen dinding sel, kapsul, dan lapisan lendir.
Ciri-ciri sel prokariotik:
  • Sitoplasma sel prokariotik bersifat difusi dan bergranular karena adanya ribosom yang melayang di sitoplasma sel.
  • Membran plasma berbentuk dua lapis fosfolipid yang memisahkan bagian dalam sel dari lingkungannya dan berperan sebagai filter dan komunikasi sel.
: 15px;">
Tidak memiliki organel yang dikelilingi membran.
  • Memiliki dinding sel kecuali mycoplasma dan thermoplasma.
  • Kromosom umumnya sirkuler. Sel prokariotik tidak memiliki inti sejati karena DNA tidak terselubung oleh membran.
  • Beberapa sel prokariotik memiliki flagela yang berfungsi sebagai alat gerak.
  • 2. Struktur Sel Eukariotik

    Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti. Materi genetik yang ada di dalam sel ini terbungkus oleh membran inti sehingga terjadi pemisahan antara inti sel dan sitoplasma.
    Sel jenis ini termasuk jenis sel pada organisme yang lebih tinggi dari bakteri, contohnya pada khamir, fungi (jamur), alga, protozoa, hewan, dan manusia.
    Sel eukariotik mengandung organel seperti nukleus, mitokondria, kloroplas, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, vakuola, peroksisom, dan lain-lain.
    Ciri-ciri sel eukariotik:
    • Sitoplasma sel eukariotik tidak tampak berbutir-butir (bergranular), karena ribosom terikat pada retikulum endoplasma.
    • Memiliki sejumlah organel yang dikelilingi oleh membran, termasuk mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, dan kadang terdapat pula kloroplas.
    • DNA eukariotik terikat oleh protein kromosomal (histon dan non-histon). Struktur kromosom bersama protein kromosomal disebut kromosom. Seluruh DNA kromosom tersimpan dalam inti sel.
    • Sel eukariotik bergerak dengan menggunakan silia atau flagela yang secara struktural lebih kompleks dibandingkan silia atau flagela pada sel prokariotik.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Cari Blog Ini

    Diberdayakan oleh Blogger.

    CAMPURAN

    Presentasi Tugas Kelompok Lucu Estetik Hijau dan Oranye oleh alvianto yudha